Cara Membuat Anak, 5 Cara Agar Anak Makan Sayur Tanpa Paksaan

anak susah makan sayur dan buah

Anak Makan Sayur

Mungkin Anda termasuk orang tua yang mengalami kesulitan untuk membuat anak mau makan buah dan sayur. Berikut ini beberapa tip yang bisa Anda coba.

1. Buat Tampilan Sayur dan Buah Lebih Menarik untuk Anak.
Buat jadi jus dan sajikan dalam gelas berbentuk lucu dan menarik. “Untuk mengurangi rasa langu pada sayuran seperti wortel dalam jus, bisa tambahkan madu dalam jus,” saran Edrrian Tjhia, chef yang antuasias dalam membagikan resep makanan sehat dalam talkshow Herbilogy  Selasa lalu.
Baca Juga : Cara Agar Awet Muda, 5 Cara Sederhana Tampil Muda Saat Usia 30-an
2. Masak Bersama Anak Lebih Seru.
Bentuk sayuran menyerupai bunga atau bintang yang mereka sukai sehingga terlihat menarik. Memang perlu usaha ekstra saat memasak, tapi jika ingat manfaatnya saat ini dan saat ia dewasa, usaha Anda tidak akan sia-sia. Jangan ragu mengajak anak ikut berpartisipasi di dapur, sehingga mereka lebih antusias memakannya.

3. Jelaskan Pada Anak Manfaat Buah dan Sayur.
Anak-anak itu cerdas dan senang jika mendapat pengetahuan baru. Ceritakan fungsi dan manfaat sayur dan buah untuk kesehatan itu secara nyata. Seperti, pisang akan membuat tubuh kita kuat dan lincah, wortel akan membuat mata kita bagus, atau bayam akan membuat lebih pintar, dan lain-lain.

4.  Sembunyikan Buah dan Sayur dalam Sajian Anak
Jika memang terpaksa, samarkan sayur dan buah tadi dalam makanan kesukaan anak. Misalnya, haluskan buah lalu bentuk menjadi es loli atau pudding yang cantik dan menarik.
Baca Juga : Cara Memutihkan Kulit Tubuh, 5 Cara Asik Dapatkan Kulit Putih Mulus
“Blender buah mangga, yogurt, dan ekstrak alang-alang hingga menjadi smoothie. Lalu susun di gelas berlapis-lapis dengan chia seed yang telah direndam dalam susu selama 10-15 menit.  Sajikan bersama potongan buah seperti blueberry sehingga menarik dan disukai anak-anak,” ujar Eddrian.

5. Orang tua Harus Memberi Contoh Makan Sayur dan Buah Pada Anak.
“Jangan mengeluh anak-anak tidak mau makan sayur dan buah, kalau kita sendiri tidak memperlihatkan kegembiraan saat makan makan sayur dan buah. Contoh nyata adalah cara mempersuasi anak yang paling kuat,” ujar Debora Gondokusumo, founder Herbilogy yang giat mengedukasi ibu-ibu untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga lewat media sosial ini.

Artikel Lainnya :

loading...
Scroll to top