Cara Agar Awet Muda, 5 Cara Sederhana Tampil Muda Saat Usia 30-an

cara agar awet muda

Cara Agar Awet Muda

Memasuki usia 30-an, tanda-tanda penuaan akan semakin terlihat. Seperti munculnya flek-flek hitam, garis-garis halus di sekitar mata, kerutan pada dahi, serta wajah yang mulai mengendur. Namun kondisi ini bisa dihindari jika Anda melakukan perawatan wajah yang tepat dan menjalani pola hidup sehat.

Berikut lima cara sederhana yang perlu Anda lakukan agar tetap awet muda di usia 30-an seperti dikutip dari Sociolla.

1. Bersihkan wajah dan menggunakan pelembab
Tidak hanya Anda yang berusia 30 tahun, semua wanita juga harus rutin membersihkan wajahnya dari debu dan kotoran. Apalagi setelah seharian beraktivitas di luar ruangan. Bersihkan wajah secara rutin dengan melakukan double cleansing di malam hari, lalu lanjutkan dengan toner, pelembap atau produk skin care lainnya yang bisa memberi kelembapan. Hal ini dilakukan agar wajah tetap bersih, lembap, pori-pori wajah mengecil sehingga terhindar dari masalah jerawat dan kulit kusam. Pilih pelembap dengan kandungan vitamin C, glycolic atau hyaluronic acid untuk hasil yang maksimal.

2. Eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati
Eksfoliasi wajah yang rutin dilakukan dapat membantu meremajakan kulit. Butiran scrub yang terdapat pada eksfoliator akan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga wajah menjadi lebih cerah. Anda juga bisa menggunakan chemical exfoliant sebagai alternatif lain untuk membersihkan kulit sampai ke pori-pori. Untuk Anda dengan kulit kering dan sensitif, lakukan eksfoliasi sekali seminggu. Sedangkan untuk jenis kulit lainnya, lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Gunakan tabir surya
Menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan merupakan keharusan. Seperti diketahui, sinar matahari bisa membuat kulit wajah menjadi kering, kusam, dan mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan. Pilih tabir surya yang mengandung SPF dan PA untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus.

4. Jauhi rokok dan alkohol
Salah satu cara agar awet muda adalah dengan menjauhi rokok dan alkohol. Wanita yang merokok memiliki potensi besar timbul garis halus di sekitar bibir dan dahinya karena gerakan mulut mengerucut dan dahi yang tanpa sadar mengerenyit saat mengisap dan menghembuskan asap rokok. Merokok juga dapat menurunkan kadar vitamin C dalam tubuh yang menyebabkan, turunnya imunitas tubuh sehingga bekas jerawat makin lama pudar, hingga kondisi kulit lebih rentan saat terpapar sinar matahari.

Alkohol pun sangat tidak disarankan bagi Anda yang ingin menjaga keremajaan kulit. Anda yang mengonsumsi alkohol pasti sadar kalau frekuensi buang air kecil akan lebih sering. Tidak hanya mengeluarkan air dari dalam tubuh, alkohol juga menghalangi hormon vasopressin yang digunakan tubuh untuk menyerap air. Kulit yang dehidrasi umumnya akan kusam, kering, garis-garis halus dan tanda penuaan lainnya makin jelas terlihat.

5. Konsumsi makanan sehat
Pola makan yang sehat akan membantu meremajakan kulit dari dalam. Penting untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, ikan, biji-bijian, protein hewani dan kacang-kacangan yang mengandung nutrisi baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Artikel Lainnya :

loading...
Scroll to top